Fungsi ODC Beserta Pengertian Dan Komponennya

Fungsi ODC Beserta Pengertian Dan Komponennya

Halo pelajar bagaimana kabar anda, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi mengenai Fungsi ODC Beserta Pengertian Dan Fungsinya yuk tanpa berlama-lama kita langsung menuju pada topik pembahasanya.

Pengertian ODC Dan Fungsi ODC


ODC atau Optical Distribution Center adalah suatu perangkat yang bentuknya kotak dan terbuat dari bahan material khusus yang berfungsi sebagai tempat instalasi sambungan jaringan sinyal optik yang serta dilengkapi ruangan manajemen fiber dengan kapasitas tertentu pada akses jaringan fiber optik (PON), untuk hubungan telekomunikasi.

Komponen ODC


  1. Cable Tray atau tray kabel berfungsi untuk meletakkan hasil sambungan dari kabel fiber optik dan digunakan dalam konteks manajemen dari kabel konektor.
  2. Patch Cord adalah kabel fiber optik yang mempunyai panjang tertentu dan sudah dilengkapi dengan konektor pada ujung kabel dan digunakan untuk menghubungkan antar perangkat atau ke koneksi telekomunikasi. Kabel ini hanya digunakan khusus pada ruangan. Patch cord ada banyak macam seperti patch cord 1 core ( Simplex ) dan 2 core ( Duplex ), Singlemode dan Multimode, jenis konektor nya pun banyak sekali ada yang bulat dan ada yang agak kotak.
  3. Pigtail adalah sepotong kabel yang hanya mempunyai satu buah konektor saja pada ujungnya, pigtail akan disambungkan pada kabel fiber optik yang belum mempunyai konektor. Biasanya kabel pigtail digunakan pada OTB (Optical Distribution Box) dan disambung / splicing menggunakan tarikan kabel Optic yang glondongan (Loose tube cable / Tight buffered cable).
  4. Parking-lot adalah suatu tempat terminasi sementara atau temporary pada konektor yang belum disambungkan.
  5. Slack Storage adalah suatu komponen pada odc yang berfungsi untuk mengamankan, mengorganisasikan, dan melindungi kelebihan kabel pada fiber optik.
  6. Splice Tray adalah suatu komponen yang berfungsi untuk mengamankan, mengorganisasikan, dan melindungi sambungan fiber optik yang menggunakan teknik splicing.
  7. Splice adalah sambungan permanen pada dua serat optik.
  8. Splitter adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk membagi sebuah sinyal optik ke dalam dua atau lebih sinyal optik.

Demikianlah artikel yang bisa mimin sampaikan mengenai fungsi odc beserta pengertian odc dan komponen odc.Jika artikel ini bermanfaat bisa kalian share ke media sosial kalian, terima kasih.
Reactions
Satria Fadhil M
Seorang keras kepala dengan keingintahuanya dan betah beberapa jam berhadapan dengan gadget.

Related Posts

Posting Komentar

Ikuti Kami