Pengertian Inventarisasi Lengkap Beserta Pembahasanya!

Pengertian Inventarisasi Lengkap Pembahasanya!


Administrasi yang baik termasuk salah satu komponen yang penting di dalam suatu dinas atau perusahaan. Dengan terdapat hal tersebut data yang kita inginkan dapat diperoleh pimpinan dengan mudah. Termasuk mencatat keluar masuk barang yang tersedia.


Aktivitas mencatat keadaan barang yang keluar dan masuk, kondisi jenis barang dan jumlah penerimaan barang disebut dengan inventarisasi. Berikut pengertian lengkapnya


Pengertian Inventarisasi


Secara umum Pengertian Inventarisasi adalah kegiatan atau aktivitas pencatatan dan penyusunan barang-barang yang dipunyai oleh suatu instansi atau perusahaan, rumah tangga, atau sekolah. Pencatatan dan penyusunan tersebut harus kita lakukan sesuai pada standar operasional prosedur yang diberlakukan.


Pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai kegiatan pencatatan ini. Pertama perintah Presiden No 3 Tahun 1971 mengenai barang atau kekayaan milik negara. Kedua perintah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 10/M/1976 mengenai pelaporan triwulan mutasi barang milik negara dan cara pelaksanaannya.


Terdapat beberapa kriteria barang yang perlu kalian catat. Pertama dibeli berdasarakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah /APBD maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).


Inventarisasi dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam satu tahun, berkala dan perlu diperhatikan pengurangan ataupun penambahan barang. Hal tersebut dilaksanakan supaya instansi mempunyai data yang sangat akurat dan dapat mempertimbangkan besarannya anggaran belanja yang dibutuhkan.


Pengertian Inventarisasi Barang


Inventarisasi barang adalah segala aktivitas dan usaha yang bertujuan mendapatkan data yang dibutuhkan mengenai barang-barang yang dipunyai dan dirawat, baik yang direncanakan melalui Anggaran Belanja, donasi maupun hibah untuk memudahkan administrasi seperti sebagaimana mestinya menurut ketentuan dan cara yang sudah ditetapkan.


Pengadministrasian barang inventaris dilakukan menggunakan

  1. Buku Induk Barang Inventaris
  2. Buku Golongan Barang Inventaris
  3. Buku Catatan Barang Non Inventaris


Buku Induk Barang Inventaris adalah buku yang dipergunakan untuk mencatat segala barang inventaris yang sudah dimiliki oleh suatu instansi atau satuan organisasi, dan sekaligus juga merupakan sumber informasi yang dipercaya mengenai segala jenis data yang diperlukan mengenai barang-barang inventaris kantor.


Buku Golongan Barang Inventaris adalah suatu buku yang digunakan untuk mencatat barang-barang inventaris golongan khusus yang telah ditentukan, masing-masing berdasarkan klasifikasi dan kode barang yang sudah ditentukan oleh pihak instansi. Pencatatanya dapat dilakukan setelah mencatat barang tersebut kedalam Buku Induk Barang Inventaris.


Buku Catatan Barang Non Inventaris adalah suatu buku tempat mencatat segala barang yang non inventaris yang dimiliki oleh suatu pihak instansi.


Pengertian Inventarisasi Menurut Para Ahli


Menurut Soemarsono S.R ( 1994, p15 )

"Inventarisasi merupakan pencatatan barang - barang milik instansi atau perusahaan".


Menurut Chabib Sholeh dan Heru Rochamnsjah ( 2010: 180 ) "Inventarisasi adalah aktivitas atau tindakan untuk melakukan penghitungan, pengurusan, penyelenggaraan peraturan, pencatatan data dan pelaporan barang yang dimiliki daerah dalam unit pemakaian".


Menurut A. Gima Sugiama ( 2013: 173 ) "Inventarisasi aset merupakan sekumpulan aktivitas untuk melakukan pendataan, pencatatan, pelaporan hasil pendataan aset, dan mendokumentasikan baik aset berwujud maupun aset tidak berwujud pada suatu waktu tertentu. Inventarisasi aset dilakukan demi mendapatkan seluruh data aset yang dimliki,dikuasai sebuah organisasi perusahaan atau instansi pemerintah. Seluruh aset wajib diinventarisasi baik yang diperoleh berdasarkan dana sendiri ( investasi ), hibah ataupun dari cara lainnya"


Menurut PP No. 27 2014 : "Inventarisasi merupakan aktivitas untuk melaksanakan pendataan, pencatatan, dan pelaporan hasil pendataan Barang Punya Negara atau Daerah".


Dari beberapa contoh pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa Inventarisasi Aset adalah sekumpulan kegiatan untuk melakukan pencatatan, pengamanan, pendokumentasian & pelaporan hasil pencatatan kepemilikan suatu aset.


Demikianlah artikel yang dapat saya berikan mengenai Pengertian Inventarisasi Lengkap Beserta Pembahasanya, jika artikel ini memberikan manfaat dapat kalian share ke media sosial kalian terima kasih.

Reactions
Satria Fadhil M
Seorang keras kepala dengan keingintahuanya dan betah beberapa jam berhadapan dengan gadget.

Related Posts

Posting Komentar

Ikuti Kami